Domain dan Hosting GRATIS

Menurut Wikipedia,

Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.

Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP.


Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

dan

Layanan hos internet adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTPFTPEMAIL, atau DNS

Seperti yang telah dijelaskan diatas, Domain adalah nama/alamat dari situs/blog tertentu.

Banyak situs web yang menyediakan layanan blog hosting langsung dari alamat mereka dengan menggunakan sub domain yang mereka miliki, contoh yang paling terkenal adalah http://www.blogspot.com dan http://www.wordpress.com. dan contoh sub domain yang mereka berikan adalah http://nama-anda.blogspot.com , atau http://nama-anda.wordpress.com.

Lalu bagaimanakah apabila kita ingin memiliki nama domain yang kita kehendaki tanpa adanya embel-embel (sub domain) situs penyedia layanannya? seperti http://nama-anda.com atau http://nama-anda.net, ....co.id, ....tv, dan lain sebagainya. Maka berikut adalah penjelasannya.

Ada 2 (dua) cara yang bisa anda pergunakan, yaitu dengan cara yang berbayar dan cara yang gratis (free).



  • Cara yang berbayar :
    Anda cukup mendaftar di situs penyedia domain seperti http://www.rumahweb.com dan sejenisnya, kemudian pilih nama domain yang anda inginkan.

  • Cara yang gratis (free)
    Apabila anda ingin mencobanya dulu dengan layanan gratis, maka anda dapat mengunjungi situs http://www.dot.tk atau http://www.co.cc. Kedua situs tersebut dapat memberikan layanan gratis bagi anda yang ingin mencobanya.
    Anda cukup mendaftar kemudian cek ketersediaan dari nama domain yang anda kehendaki, seperti http://nama-anda.tk atau http://nama-anda.co.cc.

Apabila anda telah mempunyai domain sendiri, maka langkah selanjutnya adalah dengan mencari jasa hostingan sebagai tempat untuk menyimpan semua data web anda.

Sama seperti penyedia doamin, situs penyedia host internet pun ada yang berbayar ada juga yang gratis (free)



  • Hosting Berbayar
    Anda cukup mendaftar di situs penyedia domain seperti http://www.rumahweb.com dan sejenisnya, kemudian pilih paket yang anda kehendaki sesuai kebutuhan anda.

  • Hosting Gratis (free)
    Situs penyedia Hostingan gratis yang biasa dipakai adalah http://www.000webhost.com
    Silahkan kunjungi dan daftar dengan gratis untuk dapat masuk ke member area.

Kekurangan dari penyedia layanan domain gratis

Biasanya penyedia layanan tersebut akan mewajibkan anda untuk melakukan registrasi ulang dengan memberikan sumbangan (donate) setelah 2 tahun agar domain anda terus dapat di pergunakan. apabila tidak dipergunakan maka dengan otomatis domain anda akan terhapus dari database server nya.

Kekurangan dari penyedia layanan hosting gratis

Ruang penyimpanan data (data space) yang diberikan sangat terbatas, (hanya 1500Mb) per domain.

Bandwith yang diberikan sangat terbatas pula, sehingga apabila situs/blog anda sedang banyak penunjungnya akan mengakibatkan server down sehingga akses ke situs/blog akan sangat lambat bahkan tidak bisa dibuka sama sekali.


Apabila anda telah mendapatkan keduanya Domain dan Hosting baik itu yang gratis maupun yang berbayar maka anda telah mempunyai alat-alat yang untuk membuat sebuah situs/web. Untuk lebih lengkapnya silahkan klik disini.
Deskripsi Iklan
Deskripsi Iklan
Deskripsi Iklan
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Teknisi Komputer Online

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Teknisi Komputer Online - All Rights Reserved
Template Modify by Yusup Abdurakhman
Proudly powered by Blogger