Setelah keliling-keliling google tentang setingan mikrotik sebagai bandwith management dan bandwith limitter akhirnya saya menemukan setingan terbaik menurut saya yang paling stabil untuk Warnet yang berfungsi juga sebagai Game Online. Sudah banyak setingan-setingan lain yang saya coba, tetapi hasilnya kurang memuaskan, dalam artian untuk game khususnya Point Blank yang peminatnya sangat dominan sekali di daerah saya, sering mengalami kendala koneksi tidak stabil (Lag Games/patah-patah) sehingga banyak sekali konsumen yang komplain bahkan pada kabur karena mungkin merasa kurang nyaman dalam bermain.
berikut adalah penyebab terjadinya LAG games pada game online khususnya PointBlank.
- Hal pertama adalah kurangnya spesifikasi hardware komputer untuk memainkan game tersebut, memang kebutuhan kebanyakan Game Online tidaklah terlalu tinggi, tetapi apabila terlalu pas-pasan terutama dalam RAM (Random Access Memory) dan VGA (Video Grapich Adapter) itu sudah dapat dipastikan akan terjadi Lag Game/patah-patah saat game tersebut dimainkan. Solusinya adalah dengan mengganti atau menambah spesifikasi RAM dan atau VGA nya lebih tinggi lagi.
- Hal kedua adalah kurang stabilnya koneksi internet, Game Online sebenarnya tidak memerlukan koneksi yang besar, tetapi yang dibutuhkan adalah koneksi yang stabil, apabila dalam suatu jaringan tidak terdapat manajemen untuk pembagi bandwith, maka sudah dipastikan koneksi akan saling berebut, sehingga koneksi untuk game online akan menjadi tidak stabil (naik turun), Solusinya adalah dengan memasang software pembagi bandwith, khususnya Mikrotik yang telah teruji sebagai bandwith management dan bandwith limitter terbaik menurut saya.
Khususnya untuk point kedua, setingannya tidak semudah seperti software-software lain yang sejenis, tetapi hasil yang didapat pun sangat jauh berbeda dengan software lain. kebanyakan software pembagi bandwith lain hanya mampu me-limit bandwith per IP saja, dan itu kurang efektif, karena rebutan bandwith akan tetap terjadi.
Setingan mikrotik sendiri banyak sekali yang berbeda, tergantung keinginan si pengguna, bagi yang sudah mahir menggunakan mikrotik mungkin bukan menjadi masalah yang besar, karena mereka dapat menseting sesuai dengan yang di inginkan, tetapi bagi pengguna awam (newbie) seperti saya, mencari setingan mikrotik yang di share oleh orang tidak selamanya dapat di aplikasikan dengan benar untuk mikrotik kita, hal tersebut didasarkan pada perbedaan versi yang di gunakan oleh masing-masing.
dan akhirnya saya menemukan setingan yang menurut saya paling stabil diantara setingan lain yang pernah saya coba. berikut adalah scriptnya :
NB : Untuk yang tidak bisa / gagal dalam penggunaan Script dibawah, anda dapat melakukan setting manual dengan menggunakan Winbox, Lihat saja disini.
Mangle:
GAME
contoh buat Point Blank, game lain sesuaikan aja port/ip nya
chain=prerouting action=jump jump-target=game
chain=game action=mark-connection new-connection-mark=Game passthrough=yes protocol=tcp dst-address=203.89.146.0/23 dst-port=39190 comment="Point Blank"
chain=game action=mark-connection new-connection-mark=Game passthrough=yes protocol=udp dst-address=203.89.146.0/23 dst-port=40000-40010
chain=game action=mark-packet new-packet-mark=Game_pkt passthrough=no connection-mark=Game
POKER
chain=forward action=mark-connection new-connection-mark=Poker_con passthrough=yes protocol=tcp dst-address-list=LOAD POKER comment="POKER"
chain=forward action=mark-connection new-connection-mark=Poker_con passthrough=yes protocol=tcp content=statics.poker.static.zynga.com
chain=forward action=mark-packet new-packet-mark=Poker passthrough=no connection-mark=Poker_con
BROWSING
chain=forward action=mark-connection new-connection-mark=http passthrough=yes protocol=tcp in-interface=WAN out-interface=Lan packet-mark=!Game_pkt connection-mark=!Game connection-bytes=0-262146 comment="BROWSE"
chain=forward action=mark-packet new-packet-mark=http_pkt passthrough=no protocol=tcp connection-mark=http
LIMIT DOWNLOAD
chain=forward action=mark-connection new-connection-mark=Download passthrough=yes protocol=tcp in-interface=WAN out-interface=Lan packet-mark=!Game_pkt connection-mark=!Poker_con connection bytes=262146-4294967295 comment="LIMIT DOWNLOAD"
chain=forward action=mark-packet new-packet-mark=Download_pkt passthrough=no packet-mark=!Game_pk> connection-mark=Download
UPLOAD
chain=prerouting action=mark-packet new-packet-mark=Upload passthrough=no protocol=tcp src-address=192.168.0.0/24 in-interface=Lan packet-mark=!icmp_pkt comment="UPLOAD"
QUEUE:
queue type
name="Download" kind=pcq pcq-rate=256000 pcq-limit=50 pcq-classifier=dst-address pcq-total-limit=2000
name="Http" kind=pcq pcq-rate=1M pcq-limit=50 pcq-classifier=dst-address pcq-total-limit=2000
name="Game" kind=pcq pcq-rate=0 pcq-limit=50 pcq-classifier=src-address,dst-address,src-port,dst-port pcq-total-limit=2000
name="Upload" kind=pcq pcq-rate=0 pcq-limit=50 pcq-classifier=src-address pcq-total-limit=2000
Queue Tree
name="Main Browse" parent=Lan limit-at=0 priority=8 max-limit=1M burst-limit=0 burst-threshold=0 burst-time=0s
name="Browse" parent=Main Browse packet-mark=http_pkt limit-at=0 queue=Http priority=8 max-limit=1M burst-limit=0 burst-threshold=0 burst-time=0s
name="Game" parent=global-total packet-mark=Game_pkt limit-at=0 queue=Game priority=1 max-limit=0 burst-limit=0 burst-threshold=0 burst-time=0s
name="Poker" parent=global-out packet-mark=Poker limit-at=0 queue=Game priority=3 max-limit=0 burst-limit=0 burst-threshold=0 burst-time=0s
name="Download" parent=global-out packet-mark=Download_pkt limit-at=0 queue=Download priority=8 max-limit=256k burst-limit=0 burst-threshold=0 burst-time=0s
name="Main Upload" parent=global-in limit-at=0 priority=8 max-limit=256k burst-limit=0 burst-threshold=0 burst-time=0s
name="Upload" parent=Main Upload packet-mark=Upload limit-at=0 queue=Upload priority=8 max-limit=0 burst-limit=0 burst-threshold=0 burst-time=0s
HASILNYA
BROWSING 1Mbs bagi rata sekampung (baca: satu jaringan)
DOWNLOAD 256Kbps bagi rata sekampung
GAME seadanya bandwith sesuai kebutuhan sekampung
POKER seadanya bandwith sesuai kebutuhan sekampung
UPLOAD seadanya bandwith bagi rata sesuai kebutuhan sekampung
Script tersebut saya dapatkan dari http://www.forummikrotik.com
untuk mencoba berbagi dengan pengguna lain silahkan anda kunjungi forum tersebut.
Screen Shoot Mangle
Screen Shoot Queue Tree
Agar Bandwith masing-masing paket dapat terbagi dengan rata, anda dapat menambahkan setingan di Simple Queue untuk limit bandwith per IP
Screen Shoot Simple Queue
Terima kasih.
Untuk yang tidak bisa / gagal dalam penggunaan Script diatas, anda dapat melakukan setting manual dengan menggunakan Winbox, bisa dilihat di postingan sebelumnya (ada 4 post) :
Semoga bermanfaat.
14 komentar:
siang teknisi.com , mau nanya
misal kita mau menambahkan port game online lainnya pada mangle tersebut, itu script nya ditulis ( di ulangi ) dari atas atau sebagian??.....
terimakasih
ditulis sebagian, seperlunya aja, contoh :
1. tcp
chain=game action=mark-connection new-connection-mark=Game passthrough=yes protocol=tcp dst-address=xxx.xxx.xxx.0/23 dst-port=xxxxx comment="xxxxxxxx"
2. udp
chain=game action=mark-connection new-connection-mark=Game passthrough=yes protocol=udp dst-address=xxx.xxx.xxx.0/23 dst-port=xxxxxxxx-xxxxx
terimakasih infonya sangat membantu
senang bisa membantu... :) terimakasih.
salam mas ucup gaptek mau naya ini ip nya ether 1 atau 2 atau modem atau apa..? 192.168.0.0/24
makasih sebelumnya..
@mas ahmad
salam juga ^_^
yang di mangel mana ya mas?
pada intinya pemilihan ether1 atau ether2 tergantung dari masing2 penentuan awal, misalkan ether1 di gunakan untuk koneksi ke Modem terus di kasih nama Public, dan ether2 untuk koneksi ke HUB/Switch ke jaringan lokal terus di kasih nama Local.
jadi tergantung arah koneksi yang mau digunakan.
contoh :
Mangel UPLOAD
chain=prerouting action=mark-packet new-packet-mark=Upload passthrough=no protocol=tcp src-address=192.168.0.0/24 in-interface=Lan packet-mark=!icmp_pkt comment="UPLOAD"
disini terlihat penentuan untuk scr-address (sumber address) di tentukan 192.168.0.0/24
dan untuk In-Interface = LAN dimana disini saya menggunakan nama LAN untuk ether 2 yang terhubung ke jaringan lokal.
semoga dapat di pahami
om mau tanya nih, ko warnet saya komputer cient nya pada error ya kecuali server !
client nya tuh bisa main game online tapi ga bisa browsing !!
mohon infonya ya ;)
ke facebook om
https://www.facebook.com/rezaahmad123
hatur nuhun
ada yang salah berarti, port untuk browsingnya ke blok ga? port 80
gimana dengan bandwidtrh youtube apakah sudah terbagi dengan settingan ini ?
mantab gan artikelnya keren gan.. thanks gan buat artikelnya gan... kunjungi juga Rajalistrik.com
Manstab gan artikelnya, sudah saya me-mangle semua, tapi belum berefek ke client, apanya yang salah ya?
Oh iya, itu saya mau tanya di Screen Shot "Queue List" Billing > IP nya 192.168.90.254, itu ip Gateway (Modem Spidol) atau IP apa ya?
Thanks Gan, ditunggu pencerahannya.
@andrie,
kalo data sudah tercapture di mangle tinggal di cek di Queue Tree nya, pastikan packet mark nya sesuai dan tercapture.
IP itu saya gunakan untuk di server biar ga pusing, jadi di taronya di belakang.
newbie mo nnya bang, untuk setting modem sp**dy di bagaimanain, diset bridge atau bgmn ? trmksh sblm'y.
Kenapa semua scriptnya syntax error ya gan?
Post a Comment