Home » , , , » Downgrade Windows 7 ke Windows XP bermasalah

Downgrade Windows 7 ke Windows XP bermasalah

Bagi sebagian orang yang ingin menurunkan (Downgrade) versi Windows nya dari Windows 7 ke Windows XP terkadang dihadapkan sedikit hambatan pada penginstalan nya, biasa ditandai dengan keluarnya layar berwarna biru (Blue Screen) yang berisi tentang laporan kegagalan hardware dalam proses penginstalan tersebut padahal sebenarnya semua kondisi hardware dalam kondisi bagus. 
Hal tersebut dikarenakan adanya perbedaan system yang di install pada MBR (Master Boot Record) hardisk pada kedua windows tersebut.

Pada awal penginstalan Windows 7 secara automatis akan membuat sebuah partisi baru (system reserved) pada partisi primary / system yang diperlukan Windows 7 untuk memperbaiki (recovery) apabila suatu saat nanti Windows 7 tersebut mengalami kerusakan seperti start-up failure dan system restore. dan hal ini lah yang menjadi penyebab utama yang menimbulkan timbulnya blue screen pada saat penginstalan windows XP, karena partisi tersebut terkadang tidak bisa di delete / dihapus oleh partition manager yang terintegrasi pada windows XP (walaupun terkadang ada yang bisa entah kenapa), sedangkan untuk bisa melakukan instalasi windows XP dengan lancar partisi tersebut harus dihapus.

Lalu bagaimana cara menghapusnya?
Bagi orang yang senang "mengoprek" komputer mungkin hal tersebut bukan menjadi sebuah masalah, karena banyak sekali cara untuk menghapusnya dengan menggunakan tool-tool MBR yang biasa digunakan under DOS program seperti dengan menggunakan tool-tool dari Hirens Boot CD, lain halnya bagi orang yang belum terbiasa dengan program-program yang bisa berjalan di sistem DOS.
Tapi jangan khawatir berikut adalah cara yang bisa digunakan untuk mengakalinya hanya dengan berbekal CD/DVD Windows saja. 
Berikut adalah cara-cara nya :

1.   Booting lah dengan menggunakan DVD Windows 7 anda.
2.   Lakukan langkah-langkah biasa seperti mau melakukan "Instal Ulang Windows" sampai pada tahap pemilihan partisi kemudian hapus partisi system dan partisi system reserved. (lihat gambar) tapi jangan dilanjutkan ke tahap selanjutnya, langsung di matikan saja komputernya (tekan tombol power 5 detik).


3.   Lanjutkan dengan melakukan instalasi windows XP seperti biasa.

Seharusnya sekarang instalasi windows XP dapat berjalan dengan lancar.

Logikanya sangat sederhana, yaitu dengan cara menghapus partisi tersebut dengan menggunakan partition manager yang terintegrasi di dalam DVD Windows 7 yang sama fungsinya dengan menggunakan tool-tool lain yang mungkin belum diketahui.
Semoga bermanfaat.
Terimakasih.
Deskripsi Iklan
Deskripsi Iklan
Deskripsi Iklan
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Teknisi Komputer Online

1 komentar:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Teknisi Komputer Online - All Rights Reserved
Template Modify by Yusup Abdurakhman
Proudly powered by Blogger