Home » , , » Local Area Network (LAN)

Local Area Network (LAN)

Local Area Network atau biasa disingkat dengan LAN menurut Wikipedia adalah adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus,gedungkantor, dalam rumahsekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.
Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.


Bahasa singkatnya LAN adalah Jaringan yang menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya yang kita inginkan.

Beberapa Contoh Kegunaan dari LAN :


  • Untuk membagi data antara satu komputer dengan komputer lainnya agar jauh lebih mudah daripada kita harus memindahkan data dengan menggunakan alat lain (Flashdisk , CD, dll), cukup dengan menggunakan metode Copy dan Paste seperti kita gunakan pada komputer sendiri.

  • Untuk mengontrol (Remote) komputer yang satu dengan yang lainnya dengan suatu aplikasi tertentu seperti kita menggunakan komputer sendiri.

  • Untuk Membagi Akses Internet agar satu link internet dapat digunakan oleh beberapa komputer dalam satu jaringan.

  • dll

Berikut adalah Artikel tentang Cara Seting LAN



Deskripsi Iklan
Deskripsi Iklan
Deskripsi Iklan
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Teknisi Komputer Online

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Teknisi Komputer Online - All Rights Reserved
Template Modify by Yusup Abdurakhman
Proudly powered by Blogger