Home » , » Data Sharing dalam jaringan (LAN) Windows 7

Data Sharing dalam jaringan (LAN) Windows 7

Sharing data pada sebuah jaringan menurut saya sangat bermanfaat, karena kita dapat mengakses data antara satu komputer dengan komputer lainnya dalam suatu jaringan / LAN (Local Area Network), ada beberapa setingan yang harus kita perhatikan agar sharing data dapat bejalan dengan lancar, diantaranya adalah :

1.   Pastikan nama WORKGROUP kita sudah sama dengan nama WORKGROUP dalam jaringan kita, untuk merubah nama WORKGROUP silahkan klik START, klik kanan My Computer / Computer, kemudian klik properties. seperti gambar dibawah ini.


My Comp Properties



2.   Kemudian ganti /sesuaikan dengan nama Workgroup pada jaringan. seperti gambar di bawah ini

Change Workgroup Name




3.   Setelah itu windows akan meminta restart, kemudian klik ok.

4.   Kemudian cek NETWORK jaringan yang terhubung. dengan cara klik start >> network. Apabila semua komputer jaringan telah terbaca, berarti setingan telah berhasil :

Network Windows 7

5.   Selanjutnya anda tinggal mengatur folder / drive apa saja yang mau di share dengan komputer yang lain (lihat gambar)





6.   Tahap selanjutnya adalah dengan membuat / create homegorup apabila belum ada homegroup dalam jaringan atau men-"join"-kan Homegroup nya apabila telah terdapat homegroup dalam jaringan dengan memasukkan Password yang bisa kita lihat di homegroup yang telah ada.




Jangan lupa aktifkan file and printer sharing dalam network properties nya.

Sekarang seharusnya kita bisa melihat, mengcopy dan atau mengedit data yang telah di sharing dalam jaringan kita.

Apabila kurang jelas silahkan tinggalkan komentar.



Semoga bermanfaat.

Terimakasih.
Deskripsi Iklan
Deskripsi Iklan
Deskripsi Iklan
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Teknisi Komputer Online

1 komentar:

De zhang said...

sy ada masalah gini bro.
laptop sy win 8, sedangkan servenya win 7. pertama konek sih bisa, sharing printer pun ok. tp setelah laptop nya restart (off), homegroup nya tidak terdeteksi lagi. printer jadi ga bisa dipake lagi. ada solusikah untuk problem ini?

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Teknisi Komputer Online - All Rights Reserved
Template Modify by Yusup Abdurakhman
Proudly powered by Blogger