Home » , » Cara untuk mendapatkan trafik / pengunjung yang tinggi

Cara untuk mendapatkan trafik / pengunjung yang tinggi

Mendapatkan trafik pengunjung yang tinggi merupakan keinginan paling utama bari para blogger maupun web master lainnya, bagaimana tidak, hal tersebut merupakan kunci keberhasilan dari sebuah situs web atau blog,  hanya saja hal tersebut bukanlah perkara mudah seperti membalikkan telapak tangan, melainkan membutuhkan usaha dan kerja keras dari para blogger maupun webmaster lainnya.



Ada beberapa cara agar blog atau situs web kita mendapat pengunjung yang banyak, yaitu :
  1. SEO (Search Engine Optimazation) / Optimalisasi Mesin Pencari
    Menurut wikipedia SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.
    Untuk dapat memahami tentang SEO tentunya bukan perkara gampang, melainkan memerlukan proses dan waktu yang lumayan lama, akan tetapi pada dasarnya ada beberapa garis besar yang dapat saya tangkap dari trik-trik tersebut, yaitu :

    a.  Penggunaan Template dan Script tertentu.
    Seperti yang telah dijelaskan oleh salah satu blog penyedia template gratis Creating Website (termasuk template yang saya gunakan sekarang) terdapat beberapa pengaturan pada Judul Blog, Meta Tag, Keyword pada Postingan, dll yang telah terbukti mampu mengoptimalkan blog kita di seacrh engine.

    b.  Melakukan Blog PING
    Melakukan ping blog pada sebuah situs penyedia layanan ping memang sudah terbukti oleh banyak orang mampu meningkatkan waktu yang dibutuh kan oleh mesin pencari seperti Google dan Yahoo untuk mengindeks setiap data dari blog kita.
    Cara kerjanya adalah dengan melakukan Ping dari blog atau situs web yang kita miliki yang ditujukan ke situs-situs tertentu (sesuai database dari para penyedia blog ping masing-masing) sehingga konten / isi dari blog kita akan segera terindeks oleh mesin pencari melalui situs-situs yang telah di ping tadi.
    Contoh situs-situs penyedia Blog Ping :
    http://bpinger.com

    c. Membuat Internal Link dan External Link / Back Link
    Internal Link
    Internal Link adalah sebuah link yang di sisipkan di postingan / artikel yang diarahkan ke postingan / artikle lain terkait yang sesuai dalam blog kita.
    Fungsinya adalah selain dapat meningkatkan Page View dan memuaskan pembaca blog, membuat internal link dalam postingan juga dapat mengoptimalkan proses indeks mesin pencari pada seluruh halaman blog yang saling bertautan. dan secara otomatis mesin pencari seperti google dan yahoo akan membaca konten posting pada link (tautan) yang ada.

    External Link / Back Link
    External Link / Back Link adalah link yang disematkan di blog / situs lain yang diarahkan ke blog / situs kita, sehingga ketika mesin pencari mengindeks situs tersebut secara tidak langsung link blog / situs kita yang tersemat di situs tersebut akan ikut terindeks juga. Selain itu, para pengunjung yang sedang melihat situs tersebut mungkin akan mengklik link blog kita apabila menurut mereka link blog kita di anggap menarik.
    Banyak cara yang bisa digunakan agar kita mendapat back link yang banyak, bisa melalui saling tukar link dengan teman blogger, memberikan komentar di blog lain dengan menyisipkan link blog kita, ataupun dengan menggunakan situs-situs penyedia jasa back link.

    d.  Tema Artikel yang berkaitan / saling berhubungan
    Entah kenapa, mesin pencari seperti google dan yahoo sangat menyukai apabila konten / isi dari blog kita hanya membahas tentang satu bahasan saja, tetapi apabila memang blog kita membahas beberapa bahasan setidaknya postinglah beberapa artikel yang saling berkaitan, semakin banyak semakin bagus, contohnya apabila ada artikel dari blog kita yang membahas tentang mikrotik, maka buatlah artikel lain yang membahas tentang mikrotik juga, jangan sampai artikel yang satu membahas tentang komputer dan artikel lain membahas tentang makanan, karena sudah bisa dipastikan postingan / artikel tentang makanan tersebut akan susah terindeks oleh mesin pencari apabila isi artikel kita yang lain lebih banyak membahas tentang komputer.

  2. Pembuatan konten blog yang berkualitas dan original
    Semahir apapun tehnik SEO yang digunakan akan percuma apabila isi dari blog kita hanya COPAS (Copy Paste) dari blog lain, Copas memang tidak dilarang tetapi sangat disarankan agar kita membuat artikel sendiri, dari sudut pandang sendiri, dan dengan gaya bahasa sendiri. dan juga apabila kita mengcopy artikel dari blog lain janganlah lupa untuk menyematkan Sumber asli dari artikel tersebut, guna menghargai hasil karya / tulisan orang lain yang memang tidak gampang.
    Bayangkan saja apabila ada pengunjung yang datang (karena tehnik SEO yang bagus) tetapi apa yang dia lihat sudah pernah dibaca di blog yang lain. sudah dapat dipastikan dia akan langsung meninggalkan blok kita dengan image yang kurang bagus. 
    Selain itu buatlah postingan / artikel yang tentang sesuatu yang fresh, dengan keyword yang masih jarang di dalam database mesin pencari. sehingga apabila keyword tersebut dipanggil di mesin pencari secara otomatis artikel dari blog kita yang pertama di munculkan. 
  3. Menggunakan Situs-situs penyedia jasa (iklan)
    Apabila kita menginginkan sesuatu yang serba instan, maka salah satu alternatif yang lain adalah dengan menggunakan situs-situs penyedia jasa iklan, sehingga blog / situs web kita akan di promosikan ke berbagai blog / situs web yang lain sesuai dengan database masing-masing situs penyedia jasa iklan tersebut.
    Tetapi jangan lupa apabila situs-situs tersebut kebanyakannya tidak lah gratis alias berbayar.
Demikianlah garis besar tentang cara-cara untuk mendapatkan pengunjung dengan trafic tinggi yang saya ketahui berdasarkan pengalaman yang saya dapat dari teman maupun mesin pencari. apabila banyak kesalahan mohon dimaklumi, karena saya pun masih belajar.

Selamat mencoba.
Semoga bermanfaat.

Sumber :

Deskripsi Iklan
Deskripsi Iklan
Deskripsi Iklan
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Teknisi Komputer Online

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Teknisi Komputer Online - All Rights Reserved
Template Modify by Yusup Abdurakhman
Proudly powered by Blogger