Home » , » Operating System (Sistem Operasi) pada Komputer

Operating System (Sistem Operasi) pada Komputer

Pada pembahasan yang lalu saya telah membahas tentang  komponen-komponen utama dalam sebuah komputer (Hardware Komputer), apabila kita telah memahaminya maka saya akan melanjutkan pembahasan tentang Sistem Operasi Komputer (Operating System) yang biasa di singkat dengan OS. Berarti pembahasan kita sekarang adalah tentang Software Komputer.

Sistem Operasi Komputer (OS) menurut wikipedia adalah adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak.
Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting. 

Ada beberapa 3 buah sistem operasi komputer (OS) yang biasa digunakan oleh para pengguna komputer di seluruh dunia, yaitu :

1.  Windows

Windows adalah sebutan untuk OS yang dikembangkan oleh pihak Microsoft.
Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS.

Perkembangan versi Windows :

a.  Windows X.1

  • 1985 November – Windows 1.0
  • 1987 9 November – Windows 2.0
  • 1990 22 Mei – Windows 3.0
  • 1992 Agustus – Windows 3.1

b. Windows 9X

  • 1995 24 Agustus – Windows 95 (Versi : 4.00.950)
  • 1998 25 Juni – Windows 98 (Versi : 4.1.1998)
  • 1999 5 Mei – Windows 98 Second Edition (Versi : 4.1.2222)
  • 2000 19 Juni – Windows Millennium Edition (ME) (Versi : 4.9.3000)

c. Windows NT

  • 2000 – Windows 2000 (Versi : NT 5.0.2195)
  • 2002 – Windows XP (Versi : NT 5.1.2600)
  • 2003 – Windows Server 2003 (Versi : NT 5.2.3790)
  • 2007 – Windows Vista (Versi : 6.0 Builld 6000)
  • 2009 – Windows 7 Seven
  • 2012 – Windows 8 Eight
Meskipun Sistem Operasi Windows merupakan OS yang berbayar tetapi OS Windows merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh para pengguna komputer di seluruh dunia, bahkan sampai mencapai kisaran 90%.  Beda halnya dengan Linux.


2.  LINUX

Linux Merupakan Sistem Operasi (OS) yang gratis (open source) yang bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

Nama "Linux" berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, Sistem Operasi Linux dapat di modifikasi, digunakan dan di distribusikan oleh siapa saja, sehingga banyak terdapat versi-versi Linux yang beredar yang memiliki perbedaan-perbedaan yang sangat mendasar, sepertti Fedora, Mandrake, Red Hat, dll.

Sistem Operasi Linux terkenal karena sistem keamanan dan stabilitas yang tinggi dibandingkan dengan OS Windows atau yang lainya, sehingga para pengguna OS Linux kebanyakannya adalah orang-orang yang mengerti tentang Pemograman Komputer (Programer).

3.  Mac OS


Mac OS singkatan dari Macintosh Operating System Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86.
Mac OS X adalah versi terbaru dari sistem operasi Mac OS untuk komputer Macintosh. Sistem operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001. Karakter "X" adalah nomor Romawi yang berarti sepuluh, di mana versi ini adalah penerus dari sistem operasi yang digunakan sebelumnya seperti Mac OS 8Mac OS 9.

Jadi kita hanya bisa menggunakan apabila kita menggunakan produk komputer dari Apple.

Demikianlah penjelasan saya tentang 3 Sistem Operasi (Operating System) yang paling banyak digunakan oleh para pengguna komputer di dunia.

Semoga bermanfaat.


Deskripsi Iklan
Deskripsi Iklan
Deskripsi Iklan
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Teknisi Komputer Online

1 komentar:

Yusup Abdurakhman said...

sama-sama :) senang bisa membantu :)
terimakasih sudah berkunjung ke blog saya. :)

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Teknisi Komputer Online - All Rights Reserved
Template Modify by Yusup Abdurakhman
Proudly powered by Blogger